Kamis, 06 September 2012

Desain Rumah Kampung Selaras di Pedesaan

Rumah ini berlokasi di Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang. Lokasi tersebut merupakan lingkungan pedesaan yang berkontur. Lahan (site) yang tersedia untuk rumah tersebut relatif datar. Lahan di sisi belakang dan samping kanan berupa persawahan yang dibuat terasiring dengan beda  tinggi sekitar 3m dari elevasi site rumah. Persawahan tersebut meliliki saluran irigasi yang airnya jernih. Sisi sebelah kiri site berbatasan dengan rumah tetangga.


Pemilik rumah menginginkan desain rumah yang tidak terlihat asing dan dapat terlihat selaras dengan lingkungan sekitarnya. Kesederhanaan fasad yang mencerminkan keramahan dan kesahajaan pemilik rumah juga ingin ditampilkan. Keinginan tersebut direspon dengan merancang rumah yang terlihat umum di pedesaan dengan tampilan bata ekspos, atap pelana sederhana dengan genteng tanah liat dan juga konsol-konsol kayu untuk kanopi pintu dan jendela.

desain rumah pedesaan

Dalam hal tata ruang, rumah di pedesaan umumnya sering digunakan untuk pertemuan kemasyarakatan yang dilaksanakan bergiliran di rumah-rumah warga. Hal tersebut juga berlaku pada rumah ini sehingga dibuat ruang tamu yang cukup luas. Pada bagian belakang yang dekat dengan saluran irigasi dibuat kolam ikan, sedangkan pada bagian kanan dibuat taman yang cukup luas.


3 komentar:

  1. Boleh minta foto belakang dan samping untuk desain ini pak? terima kasih.

    BalasHapus
  2. Mohon maaf Pak, itu hanya gambar desain 3d dan kebetulan view tampilan yang dibuat hanya dari sisi depan itu saja. Kebetulan saya belum mengambil foto setelah jadi.

    BalasHapus
  3. Luas BRP bangunannya?dan klu membangun rumah seperti ini habis BRP ya? Mengacu harga material 2018

    BalasHapus